Phalam Batik: Batik Jumputan

Berbeda dari batik kebanyakan yang memang merupakan warisan keratonan maupun cerminan sejarah, batik jumputan tercipta dari kreativitas pengrajin yang tidak pernah berhenti berinovasi.

Batik jumputan adalah jenis batik yang dikerjakan dengan teknik ikat celup untuk menciptakan gradasi warna yang menarik. Parajumpers Windbreaker Truman Tidak ditulis dengan malam seperti kain batik pada umumnya, Rueben Randle kain akan diikat lalu dicelupkan ke dalam warna. GS Air Jordan 6 Teknik celup rintang, yakni menggunakan tali untuk menghalangi bagian tertentu pada kain agar tidak menyerap warna sehingga terbentuklah sebuah motif.

Untuk menciptakan motif yang beragam pada kain batik ini, digunakanlah teknik jahit. Kain akan diberi gambar pola terlebih dahulu, Grey Black Jordan Shoes kemudian pola tersebut dijahit hingga bagian tersebut mengerut. Under Armour Scorpione Saat dicelupkan ke dalam pewarna, bagian kain yang dijahit tidak akan terkena warna.

 

Sejarahnya, teknik jumputan yang berasal dari negeri tirai bambu ini dibawa oleh para saudagar India. Parajumpers Femme Pas Cher Karena keragaman warna dan motif yang indah, maka teknik ini pun berkembang di nusantara. Di Indonesia, batik jumputan biasa diproduksi oleh beberapa daerah tertentu seperti Yogyakarta, Solo, Air Jordan 9 Palembang, Pekalongan, dan Bali di mana masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri pada motifnya.

Meski hanya memakai teknik celup, namun dengan kreasi dan proses pewarnaan yang dilakukan oleh pengrajin, maka hasil akhir yang didapat pun motif yang berbeda-beda, berwarna-warni, ADIDAS YEEZY BOOST 350 dan indah. Belum lagi, Nike Sweat-shirt jumputan,

FacebookTwitterGoogle+Share
happy wheels demo

Tags: , , , , ,